Sabtu, 02 Maret 2013

Bagian-Bagian Camera

Memiliki pengetahuan dasar tentang bagian dalam dari kamera merupakan cara terbaik untuk mengerti cara menggunakan fitur yang terdapat dalam kamera. Pada dasarnya, kamera digital dengan kamera konvensional memiliki banyak persamaan.
Gambar di bawah ini memperlihatkan bagian-bagian kamera dari sebuah kamera digital Single-Lens Reflex.
Components of a digital SLR camera © sync.sympatico.ca
Components of a digital SLR camera © sync.sympatico.ca
Keterangan gambar komponen kamera:

1. Lubang Bidik Kamera, atau bukaan, di dalam lensa untuk mengatur ukuran sehingga mengatur lebih banyak atau lebih sedikit cahaya yang dapat dengan masuk ke kamera.

2. Elemen Lensa, terdiri dari satu atau lebih komponen optik yang terbuat dari kaca, plastik atau keramik. Bagian ini digunakan untuk menangkap cahaya dan mengumpulkannya ke titik fokus di dalam kamera.

3. Sistem Pandangan (viewing system), untuk melihat apa yang dilihat oleh kamera sehingga gambar yang sedang dibidik dapat disusun dan diatur ulang menggunakan fungsi-fungsi lainnya untuk mendapatkan hasil sesuai kebutuhan.

4. Pemetik Potret (shutter), digunakan untuk mengendalikan seberapa lama cahaya akan masuk melalui lensa untuk memasukkan cahaya ke sensor atau film.

5. Sensor (dimiliki oleh karema digital), akan menangkap obyek terang melalui lubang bidik kamera dari durasi waktu yang diijinkan oleh pemetik potret. Pada kamera konvensional, fungsi sensor digantikan oleh komponen yang sensitif terhadap cahaya (film).

6. Kaca Pemutar, membentuk sudut dan diposisikan di antara bagian belakang lensa dan sensor (film, pada kamera konvensional). Bagian ini digunakan untuk memantulkan sinar cahaya yang masuk melalui lensa menuju layar fokus dari view finder.

7. Alur Cahaya, tempat cahaya dapat memasuki kamera menuju kaca pemutar.

8. Media Penyimpanan, untuk menyimpan gambar hasil bidikan kamera. Gambar ini akan tetap tersimpan di dalam media penyimpanan sampai dibuang dari kamera. Pada kamera konvensional, media ini adalah film

sumber : http://www.vdshared.com/hobi/41-fotografi/57-bagian-bagian-kamera.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar